Searching...

SABLON KAOS MANUAL DAN DIGITAL DEPOK

 

Hello partner,

Di tahun 2023 ni semakin populer sablon kaos cepat bahkan dengan jumlah 1 pcspun sudah bisa dan kualitasnya  serupa sablon manual yang sering  kita lihat . yups partner namanya DTF ( Digital Transfer Film ).

Eh ngomong soal digital sablon mungkin sebelum DTF ini kita diperkenalkan dengan DTG  dan Poliflex. Kalo DTG , dahulu print langsung di kaosnya dan diutamakan warna putih, untuk warna gelap harus dengan treadment khusus, merepotkan tapi dijamannya cukup populer. Jika disablon manual DTG serupa dengan superwhite (sablon manual ), tinta nembus di bahan , masuk ke dalam bahan. Dipakai nyaman hanya untuk tinta lama kelamaan akan pudar seiring pencucian terus, jadi vintage ( kalo design sablonnya vintage gpp makin terlihat vintage ). Bersamaan dengan DTG ada POLIFLEX, semacam striker sablon, hanya bisa 1 warna dan tidak bisa untuk desain gambar, disablon manual istilahnya sablon blok,serupa dengan cutting stiker yg dimotor, hanya ini bahan khusus di kaos, sekarang masih digunakan untuk penamaan dan nomor jersey bola untuk warna silver dan emasnya yg masih digunakan sampai sekarang, oya untuk menempelkan di kaos menggunakan mesin press panas.

Kedua jenis tadi DTG dan POLIFLEX karena mempunyai ketidak sempurnaan sablon lahir kembali PRINT N' CUT. Sistemnya serupa dengan poliflex, posisi desain bisa dengan gambar di permukaan poliflexnya ( stiker sablon putih)menggunakan print khusus. Lagi-lagi sistem ini meninggalkan ketidak sempurnaan karena cutting/potongnya meskipun mengikuti pola gambar tetapi masih meninggalkan stikersablon warna putihnya meskipun tipis tapi terlihat.

Nah untuk DTF ( Digital Transfer Film ) ni solusi terkini, proses serupa dengan sablon manual, hanya tidak langsung ke bahan tapiplastik khusus. tinta putihnya dulu baru tinta berwarna dengan proses printing, hasilnya luar biasa mirip sablon, tidak ada sisa putih terlihat dan texturenya juga lentur.

Sablon digital sudah terlihat ideal untuk mewakili sablon manual. Adapun keunggulannya seperti :

  1.  tidak mudah rusak atau lepas lebih baik dari poliflex
  2.  warna design tidak terbatas karena proses printing
  3.  mudah aplikasinya hanya dengan mesin pemanas ( beberapa area bisa menggunakan  setrika biasa atau khusus )
  4.  waktu produksi cepat. 

Dengan keunggulannya belum tentu sablon digital bisa menggantikan sablon manual, nanti kita bahas kembali mengenai sablon manual dan digital baik segi pengaplikasian, harga dan lain-lainnya

Have n Nice Day ,partner

 
Back to top!